Liburan Wisata ke Lombok, Jangan Lupa Mampir ke Bukit Tangkok!

Ketika bicara Lombok, maka seringkali perhatian kita tertuju pada deretan pantainya yang terkenal indah seperti Pantai Senggigi, Mawun, Kuta dan masih banyak lagi pantai lainnya. Selain itu banyak juga traveler yang mengunjungi Lombok dengan maksud untuk liburan menginap di Gili-Gilinya yang mempesona.

Sebagian lagi banyak mengenal Lombok melalui wisata petualangan dengan ekspedisi pendakian Gunung Rinjani.

Tapi tahukah sobat traveler ?

Jika Anda bermaksud melakukan pendakian Gunung Rinjani dengan melewati jalur desa Sembalun, maka ada satu lagi obyek wisata yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk melihat keindahan alam di Lombok. Tempat wisata ini bahkan bisa dikunjungi oleh traveler dari berbagai kalangan usia, termasuk yang tidak terlalu suka mendaki, namun menyukai petualangan trekking dengan jalur yang tidak terlalu tinggi.

Obyek wisata yang dimaksud adalah di Bukit Tangkok yang berlokasi di tidak jauh dari Bukit Selong. Obyek wisata Bukit Tangkok menawarkan photo spot asyik dengan latar belakang pemandangan alam berupa hamparan sawah dan pegunungan yang megah. Bukit Tangkok mulai booming sejak Juni 2017 dan dikelola oleh sekelompok pemuda Sembalun Lawang demi terciptanya lapangan kerja yang kreatif.



Tentu bukan asal sembarangan memilih bukit ini sebagai alternatif tujuan wisata di Lombok. Barisan sawah dan bukit yang ditutupi awan menjadi pesona yang menarik, dan bahkan kini telah didukung juga dengan adanya keseriusan dari pengelola yang menambahkan satu tempat khusus dengan simbol Love sebagai tempat untuk mengambil foto. Selain itu juga terdapat titik pengambilan foto lain yang agak esktrim karena letaknya di atas pohon, namun telah dilengkapi dengan sarana keamanan yang baik.

Pengalaman Mendaki di Bukit Tangkok

KampungTraveler.com sendiri telah berkesempatan mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu.  Aroma alam telah tercium sejak kita masuk ke lahan parkir yang diselingi dengan deretan pohon-pohon bambu. Setelah memasuki gerbang bukit Tangkok -yang juga bisa dijadikan bahan selfie- kita akan mulai menapaki jalur setapak di antara dua perbukitan yang tidak terlalu lebar. Bayangan masa kanak-kanak ketika suka jalan ke pelosok-pelosok pun mulai membayang disini.

Setelah berjalan selama beberapa waktu, kita akan menemui jembatan kecil yang bisa digunakan untuk menyeberang ke bukit satunya. Sempat mengambil beberapa foto, kami kemudian meneruskan perjalanan di jalur utama yang menuju bagian atas Bukit Tangkok.

Tidak berapa lama kita sudah bisa menemui pemandangan yang ditawarkan. Disini Anda bisa menemukan spot berupa Love seperti yang dimaksudkan dalam tulisan tadi. Tapi tidak puas hanya berhenti di satu titik saja, kami pun melanjutkan perjalanan hingga sampai pada spot berupa titik pengambilan foto yang berada di atas pohon. Lumayan berdesir ketika melewati jembatan kayu, begitu juga saat berada di atas tempat tersebut, tapi panorama yang ditawarkan benar-benar luarbiasa dan bikin betah untuk berlama-lama. Namun karena kapasitasnya memang tidak bisa untuk menampung banyak orang, maka kita harus rela bergantian untuk berada di tempat ini.

Keterjangkauan Lokasi Bukit Tangkok

Bukit Tangkok terletak di desa Sembalun yang bisa dijangkau jika melakukan perjalanan dari kota Mataram dalam waktu sekitar 2-3 jam dengan kondisi jalan yang lumayan mulus. Sobat traveler bisa melakukan perjalanan menuju Pusuk Sembalun untuk kemudian tinggal memacu kendaraan sekitar 2 km ke arah Pusat Kecamatan Sembalun.

Jika Anda pernah berkunjung ke Bukit Selong atau Rumah Adat Sembalun Lawang, maka tinggal sedikit lagi menemukan spot foto ini, hanya saja jika Bukit Selong mengarah sedikit ke selatan, maka Bukit Tangkok ini mengarah sedikit ke utara. Dengan kata lain Bukit Tangkok ini terletak bertetanggaan dengan Bukit Selong/Bale Adat Sembalun.
0 Comments for "Liburan Wisata ke Lombok, Jangan Lupa Mampir ke Bukit Tangkok!"

Back To Top