Ini Dia Info dan Fakta Tentang Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Kabar gembira ini buat teman-teman traveler yang pingin jalan dari dan ke bandara Soekarno Hatta tapi males terkena kemacetan di jalan raya saat naik kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Mulai pertengahan Desember 2018 ini Kereta Bandara ke Soekarno Hatta rencananya sudah bisa dioperasikan dengan melalui masa promosi terlebih dahulu. Saat ini, kementerian masih melakukan uji coba infrastruktur rel kereta Bandara tersebut.

Tiket Kereta Bandara sendiri nantinya dibagi menjadi dua jenis, yaitu Regular dan Reserved. Pada tipe Reguler, penumpang hanya bisa mendapatkan tempat duduk secara acak. Sedangkan tipe Reserved, penumpang bisa memilih sendiri tempat duduk dan gerbongnya.

Lalu apa saja Fakta Terkait dengan Kereta Bandara ini ?

Simak pada info-info di bawah ini ya :

Stasiun Pemberhentian Kereta Bandara Soekarno-Hatta


Yup, kereta bandara tersedia dalam 10 rangkaian dimana 1 rangkaiannya terdiri dari 6 gerbong kereta. Kapasitas 1 rangkaian adalah 272 penumpang dengan waktu tempuh sekitar 55 menit.
Stasiun pemberhentian Kereta Bandara Soekarno Hatta nantinya ada 5, yaitu :

  • Stasiun Bandara Soekarno Hatta
  • Stasiun Batu Ceper
  • Stasiun Duri
  • Stasiun Sudirman Baru
  • Stasiun Manggarai

Perlu diperhatikan, selama masa promosi di bulan Desember 2017 ini, kereta Bandara hanya akan berhenti di dua stasiun saja, yaitu Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan Stasiun Sudirman Baru.

Untuk 3 stasiun lainnya saat ini masih dalam proses pembangunan.

3 Metode Pemesanan Tiket



Harga tiket normal Kereta Bandara nantinya direncanakan sebesar Rp. 100.000,-  yang akan berlaku mulai Januai 2018. Namun harga ini kabarnya masih akan dikaji ulang oleh pengelola karena dinilai masih terlalu mahal.

Untuk metode pemesanan tiket terbagi menjadi 3 cara, yaitu :

  • Mobile Application alias lewat aplikasi di smartphone Anda
  • Website, bisa pesen langsung secara online
  • Melalui Vending Machine yang nantinya akan disediakan di stasiun-stasiun kereta.

Pada tahap awal PT Railink akan memasang total 8 unit vending machine bersistem Airport Railways Ticketing System (ARTS) di dua stasiun Kereta Api Bandara Internasional Soekarno - Hatta.  4 unit mesin vending machine bersistem ARTS ini akan ditempatkan di Stasiun Sudirman dan 4 unit juga di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun ke depannya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Rute Kereta Bandara Soekarno Hatta


Seperti disebutkan sebelumnya, nantinya terdapat 5 stasiun pemberhentian kereta Bandara. Urutan Rute seperti dapat dilihat pada gambar di atas. Kereta Bandara ini tidak akan berhenti di stasiun Karet, Tanah Abang, Grogol, Pesing, Bojong Indah, dan Kalideres yang dilewat selama perjalanan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta menuju Stasiun Sudirman Baru.

Jadwal Perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta


Seperti dapat dilihat pada gambar di atas, untuk Kereta yang menuju Bandara Soekarno Hatta dari stasiun Sudirman Baru dijadwalkan berangkat paling pagi pada jam 03.21 WIB dan paling malam pada jam 12.51 WIB. Waktu tempuh diperkirakan total sekitar 55 menit. Ada sekitar 40 jadwal kereta yang bisa kita manfaatkan untuk perjalanan menuju Bandara ini dengan interval keberangkatan rata-rata setiap 30 menit.

Sedangkan jadwal terpagi dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta menuju Stasiun Sudirman baru adalah pada pukul 04.40 WIB dan terakhir pada jam 00.40 WIB. Terdapat 41 jadwal kereta yang bisa kita manfaatkan untuk perjalanandari Bandara yang bisa kita gunakan untuk menuju Stasiun Sudirman Baru.

Bagaimana dengan kenyamanan kereta Bandara Soekarno-Hatta ?

Jangan khawatir, karena kereta Bandara Soekarno-Hatta disebut memiliki fasilitas yang memanjakan penumpangnya.

Seperti dilansir dari liputan tribunnews, Satu di antara fasilitasnya adalah colokan USB untuk pengisian daya telepon seluler. Kursi penumpang juga ergonomis. Di ujung gerbong terdapat monitor televisi. Ada pula layar indikator kecepatan dan temperatur udara dalam kereta


Nah bagaimana, sudah tidak sabar pingin jajal perjalanan dengan menggunakan kereta Bandara ?
Share juga nanti pengalamanmu disini ya ..

Happy travelling!
0 Comments for "Ini Dia Info dan Fakta Tentang Kereta Bandara Soekarno-Hatta"

Back To Top