Surga Wisata Tropis Bawah Laut itu Bernama Derawan

Seri Artikel Wisatapedia Indonesia - tempat wisata di Kalimantan Timur

Sudah banyak dibahas di berbagai media dan artikel tentang pesona keindahan wisata di Derawan.

Derawan memang selalu dianggap sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia yang berupa sebuah surga tropis yang sempurna. Pemandangan pantai pasir putih nan halus berpadu dengan pohon kelapa serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Ditemani sinar matahari yang hangat, salah satu tempat wisata di Indonesia yang terletak  di Kepulauan DerawanKecamatan DerawanKabupaten BerauKalimantan Timur ini dapat membuat sobat traveller menjadi semakin betah karena di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter.

wisatapedia derawan tempat wisata di indonesia
Derawan : tempat wisata di indonesia yang menawan
Ragam Biota Laut di Tempat Wisata Derawan

Terdapat beraneka ragam biota laut di objek wisata Derawan ini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Sobat juga bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian wisata di Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Selain itu, pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall” karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

Cara Mencapai Daerah Wisata di Derawan

Untuk mencapai pulau cantik ini, sobat traveller dapat menggunakan transportasi udara dengan jalur pesawat dari Jakarta, Surabaya Yogyakarta atau Denpasar menuju Balikpapan selama kurang lebih 3 jam. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan pesawat KAL Star, Deraya atau DAS. Selain itu, Tanjung Redeb juga bisa dicapai melalui laut, dengan menaiki kapal dari Samarinda atau Tarakan ke Tanjung Redeb yang dilanjutkan dengan menyewa motorboat.

Tempat Menginap Wisata di Derawan

Sejak tahun 1993, Pulau Derawan dikelola oleh PT.Bhuni Manimbora Interbuana dengan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti cottage, Peralatan menyelam, speedboat dan restoran. Selain itu, terdapat pula penginapan yang dikelola oleh warga sekitar, seperti Danakan, Derawan Lestari III, Derawan Lestari I & II. Penginapan HAMS dan Yogie Mas menyediakan kamar dengan harga sekitar Rp.45.000 sampai Rp.100.000/malam.

Paket Wisata Derawan
Untuk berkunjung ke surga tropis bawah laut ini di salah satu tempat wisata di Indonesia ini, sobat bisa memesan Paket Wisata Derawan 4D3N yang disediakan oleh Rinjani Getaway.

Paket Wisata Derawan 4D3N bersama Rinjani Getaway merupakan salah satu cara seru untuk berkeliling menikmati Derawan Tour yang menjadi salah satu destinasi dari paket serba hemat berwisata keliling Indonesia.
Lihat Paket Wisata Derawan 4D3N bersama RinjaniGetaway klik disini

Wisatapedia Indonesia
TokoTraveller.com
sumber artikel : harian Warta Kota Bogor, 10 Oktober 2015
sumber-sumber artikel :
0 Comments for "Surga Wisata Tropis Bawah Laut itu Bernama Derawan"

Back To Top